-->

Uraian Teori.com

Uraian teoritis adalah sebuah narasi lengkap dan sempurna tentang variable yang diangkat dalam judul skripsi dan konsep yang menyertai variable tersebut

  • Home
  • About
  • Kontak
  • Sitemap
  • Menu ▼
    • Bahasa Indonesia
    • Ekonomi
    • Fisika
    • IPA
    • IPS
    • Kewarganegaraan
Home » Sistem Informasi » Interaksi Manusia Dengan Komputer

Interaksi Manusia Dengan Komputer

     
Application developers yang menerapkan human-factors principles and procedures menghasilkan interactive system yang sangat menarik. User interface juga menghasilkan corporate success stories, intense competition, copyright-infringement suits, mega-mergers and takeovers, dan international recognition. Di tingkat individu, dengan user interface yang baik dokter dapat membuat diagnosa yang lebih akurat, anak-anak dapat belajar lebih efektif, artis grafis dapat mengeksplorasi kemungkinan kreativitas, dan pilot dapat menerbangkan pesawat lebih aman. Sebaliknya, dengan user interface yang buruk hanya akan menghasilkan : frustrasi, ketakutan, kegagalan yang diakibatkan dari user yang menghadapi kompleksitas yang berlebihan, terminologi yang tidak dapat dicerna, atau layout yang kacau dalam suatu sistem. 

System Engineering Goals 

Membuat goal yang eksplisit membantu designer untuk mencapainya. Manager dan designer dapat memfokuskan kepada goal tertentu yang meliputi welldesigned system engineering issues dan measurable human-factor issues. The US Military Standard for Human Engineering Design Criteria (1989) menyebutkan system engineering goals adalah untuk:
  • Mencapai performance yang diinginkan bagi operator, control, dan maintenance personnel.  Meminimumkan skill dan personnel requirements dan waktu pelatihan.
  • Mencapai reliabilitas yang diinginkan dari kombinasi personnel equipment. 
  • Membantu perkembangan standardisasi design di dalam dan di antara sistem.
 Lebih lanjut, system engineering goals dapat dinyatakan dalam hal:
  • Proper functionality 
  • Reliability, availability, security and data integrity 
  • Standardization, integration, consistency, and portability 
  • Schedules and budgets 


HUMAN-FACTORS DESIGN GOALS 
Pengalaman The Library of Congress dalam penggunaan computer system adalah untuk : 
  • mengkatalogkan buku baru 
  • mencari katalog buku secara on-line 
Bibliographic search system yang diberi nama SCORPIO telah sukses dan digunakan oleh staf Library of Congress, Congressional Research Service (CRS), dan para anggota Senat dan House of Representative (DPR). Professional staff member memerlukan waktu 3 s/d 6 jam pelatihan untuk menggunakan SCORPIO.

Pengguna biasa memerlukan 15 menit untuk pelatihan. 

Dengan sistem baru menggunakan "touch screen" yang diberi nama ACCESS, pada Juni 1991 Library of Congress telah mempunyai 18 ACCESS touch screen yang siap digunakan, dan meniadakan fasilitas pencarian katalog buku secara manual. 

FIVE MEASURABLE HUMAN FACTORS yang sebaiknya dievaluasi adalah 
  1. Time to learn 
  2. Speef of performance
  3. Rate of errors by users 
  4. Retention over time 
  5. Subjective satisfaction
MOTIVATIONS FOR HUMAN FACTORS IN DESIGN Hal yang menarik dalam perancangan user interface yaitu mengetahui bagaimana rancangan dibuat untuk membantu pemakai. 

Berikut ini adalah beberapa bidang yang mendorong manusia untuk merancang antarmuka sesuai dengan keperluannya. 
  • LIFE-CRITICAL SYSTEMS : 
  • INDUSTRIAL AND COMMERCIAL USES : 
  • OFFICE, HOUSE, AND ENTERTAINMENT APPLICATION : 
  • EXPLORATORY, CREATIVE, AND COOPERATIVE SYSTEMS : 

ACCOMODATION OF HUMAN DIVERSITY 
Kemampuan secara fisik dan tempat bekerja dapat mempengaruhi: 
  • Mengakomodasikan beraneka ragam human perceptual, cognitive dan motor abilities 
  • Telah diteliti dan dipunyai pengalamannya dari berbagai design projects untuk automobiles, aircraft, typewriters, home appliances, yang dapat digunakan untuk komputer system 

ANTHROPOMETRY 

Pengertian ANTHROPOMETRY: 
The American National Standard for Human Factors Engineering of Visual Display Terminal Workstations memperhatikan tentang : 
  •  Work-surface and display support height 
  •  Clearance under work surface for leg
  • Work-surface width and depth  
  • Adjustability of heights and angles for chairs and work surfaces 
  • Posture-seating depth and angle; back-rest height and lumbar support 
  • Availability of armrests, fortrests, and palm rests 
  • Use of chair casters 

PENGERTIAN ERGONOMICS ADALAH 
Salah satu dasar penting bagi interactive system designers adalah mengerti cognitive and perceptual abilities dari users. 

Dalam beberapa milliseconds, user dapat mengenali perubahan tak berarti dalam display dan mulai menjawabnya dengan serangkaian command. 

Three Personal Goals 
Selama 20 tahun meneliti Interaksi Manusia dan Komputer, Shneiderman mempunyai 3 tujuan : 
  1. Mempengaruhi peneliti akademis dan industri 
  2. Memberikan tools, techniques, dan knowledge untuk commercial systems implementor 
  3. Meningkatkan kesadaran akan komputer kepada masyarakat awam 

Penelitian awal di bidang Interaksi Manusia dan Komputer dilakukan dengan introspeksi dan intuisi, namun pendekatan ini kurang valid, kurang umum dan kurang tepat. 

The Reductionist Scientific Method mempunyai outline: 
  • Lucid statement of testable hypothesis 
  • Manipulation of a small number of independent variables 
  • Careful selection and assignment of subjects
  • Control for biasing in subjects, procedures, and materials
  • Application of statistical tests 
  • Interpretation of results, refinement of theory, and guidance for experimenters
  • Understand practical problem and related theory 

Para peneliti di bidang information science, business and management, education, sociology, anthro-pology, dan displin-disiplin lainnya telah menyumbangkan pemikiran terhadap studi Interaksi Manusia dan Komputer, misalnya tentang : 
  • Reducing anxiety and fear of computer usage 
  • Graceful evolution
  • Menu selection and form fillin
  • Command language
  • Direct manipulation
  • Input device
  • Information exploration 
  • Online assistance
  • Specification and implementation of interaction

Daftar Pustaka : Ben Sheneiderman, “Strategies for Effective Human-Computer Interaction”, Addison-Wesley Publishing Company. 
Label: Sistem Informasi

No comments:

Post a Comment

Popular Posts

  • Dasar-Dasar Elektronika
  • Pengertian Ilmu Pengetahuan Alam
  • Pengertian Komunikasi Dan Bentuknya
  • Pengertian Pancasila Sebagai Dasar Negara
  • Manfaat Dan Pentingnya Membaca

Recent Posts

Loading...

Labels

  • Akuntansi
  • Akutansi
  • Bahasa Indonesia
  • Ekonomi
  • Elektronika
  • Fisika
  • informasi
  • IPA
  • IPS
  • Kewarganegaraan
  • Kimia
  • Komunikasi
  • Manajemen
  • Motivasi
  • Pajak
  • Pemasaran
  • Penelitian
  • Pengertian
  • Psikologi
  • Revolusi
  • Sejarah
  • seni
  • Sistem
  • Sistem Informasi
Copyright © Uraian Teori.com. All rights reserved. Template by Uraian Teori